Cara Flash atau Instal Ulang Cross A88

Akhir-akhir ini hp ini sering nge-hang, sering banget ada tulisannya “Unfotunately, app has closed.” Tapi paling parah tiga hari ini, sampai-sampai nggak bisa dibuka sama sekali. Semua aplikasi pada ada tulisan begitu -.-

Pilihan terakhir: Reset hp.

Dua hari kemudian, mulai lagi. Semua aplikasi nggak bisa dibuka kecuali buat sms saja. Didiamkan sejam dua jam, bahkan sampai pagi, tetap nggak bisa dibuka. Arrgh okelah di reset lagi. Satu kali, dua kali, tiga kali, hasilnya TETAP.

Panik, harus apa ini, if you know me so well, pasti ngerti kalau hp ini adalah mata pencaharianku. Suayaang banget sama hp ini meskipun butut dan sudah nggak update lagi. Memang benar kata orang, yang berharga itu bukan bendanya, tapi kenangannya. *Uhuk*

*Lagian kalau minta hp lagi sungkan*
*Nggak bakal dibeliin lagi sama orang tua*
*Kalau ingin ganti hp harus sama duit sendiri*

Sempat kepikiran buat nge-root hp, tapi kata saudara jangan deh, mending di software aja. Oke lah daripada rusak, aku milih software ulang saja. Tapi mau ngantri di service center juga males, belum tentu sehari jadi. Nekatlah saya buat belajar install ulang sendiri, berbekal hanya searching di google. Ternyata sudah banyak yang punya masalah serupa.

Gunanya instal ulang itu seperti reset, hanya saja benar-benanr seperti keluaran pabrik, kalau reset saja seringnya masih ada bekas-bekas peninggalan masa lalu yang menempel *jiah*. Cara mengatasi hp Cross A88 dengan permasalahan: mati total (bukan karena hardware), lupa password, system error atau bahkan sekedar bootloop (nyala tapi sampai di logo saja) ataupun ingin kembali lagi ke stock rom. Flashing atau install ulang adalah cara terakhir, plus yang paling ampuh.

Kalau masih belum berani mencoba sendiri atau malah takut hp jadi tambah rusak, sebaiknya dibawa saja ke service center Cross. Tapi apa salahnya sih berbagi ilmu, benar-benar mudah kok instal ulang sendiri. Nggak ribet dan nggak memakan waktu lama.

Alat:

  1. Stockrom Cross A88 Terbaru
  2. Download USB VCOM drivers
  3. SP Flashtool(ini adalah tool yang nantinya buat flash ulang)
  4. Dan yang terakhir yang terpenting, perangkat laptop atau komputer
  5. Kabel data yang sesuai

Cara instal ulang:

1.Download bahan nomor 1-3. Ikuti link. Untuk stock rom ukurannya adalah 333 MB. *FYI

2.Ekstrak semua file yang sudah di download.

3.Di folder USB VCOM drivers, instal InstallDriver.exe di PC atau laptop.

4.Jalankan Flashtool.exe yang ada di folder SP Flash Tool.

5.Selanjutnya, klik Scatter-loading dan cari “MT6589_Android_scatter_emmc” yang ada di dalam folder ekstrakan MD501_CROSS_V0.5.0_S0626.

1

6. Lalu semua file yang akan di flashing akan otomatis tercentang. Hilangkan centang pada PRELOADER).

2.1

7. Next, klik Download, kemudian sambungkan Cross A88 ke PC menggunakan kabel data (Ingat! Hp harus dalam keadaan off), kalau sudah nyambung, proses flashing akan otomatis mulai dengan tanda progres bar berwarna merah. Kalau tidak ada warna merah, tandanya kabel USB belum nyambung benar.

2

8. Tunggu sampai proses selesai, ditandai dengan warna progres bar kuning, jika sudah komplit akan muncul lingkaran berwarna hijau. Pengalaman saya nggak sampai sepuluh menit kok.

9. Setelah tahap 8 selesai, cabut kabel USB dari laptop.

10. Nyalakan kembali android dan Voilaa, hp sudah seperti baru lagi.

Peringatan !

  • DWYOR (Do With Your Own Risk)
  • Hanya berbagi berdasarkan pengalaman dan browsing sana sini, penulis tidak bertanggung jawab apabila terjadi sesuatu dengan smartphone ya, resiko ditanggung penumpang.
  • Kalau tidak berani coba mending tidak usah dicoba. Ingat, flashing ini cara terakhir karena akan menghapus semua data *buktinya data saya meskipun sudah di back up tetap nggak bisa balik*. Selama ada cara lain, dicoba dulu ya.
Advertisements
This entry was posted in Gadget, Laptop and tagged , , , . Bookmark the permalink.

6 Responses to Cara Flash atau Instal Ulang Cross A88

  1. handoko says:

    gan,saya udah download driver ntu,tpi kok gak bisa conect hp nya ya?

    • nyssawey says:

      bisa gan, kalau belum bisa, baterainya dicopot dulu sekitar 15 detik lalu pasang lagi, trus dicolokkan lagi usb nya. Pastikan langkah-langkahnya benar ya gan 🙂 maaf baru balas komentar

  2. memangnya bisa cross a88 kecolok usb dalam keadaan mati?

    • nyssawey says:

      bisa, kalau belum bisa, baterainya dicopot dulu sekitar 15 detik lalu pasang lagi, trus dicolokkan lagi usb nya. Pastikan langkah-langkahnya benar ya gan 🙂 maaf baru balas komentar

  3. abidio says:

    sukses gan. thanks ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s