Apa itu Telegram?

Review aplikasi baru hasil instalan terbaru hehe 🙂

10693751_955188741165703_1355260517_n

Nama: Telegram

Size: 10,20 MB dari Play Store (update 13 Maret 2015)

Fungsi: Aplikasi Perpesanan (Messenger)

Pertama denger aplikasi ini langsung terbayang masa SD waktu Bu Guru menerangkan ttg telegram, cara kirim pesan dengan semacam alat yang sangat kuno tapi canggih pada masanya. Eh sekarang tak tahunya dibuat aplikasi messenger, kreatif ya, krn sekaligus membenahi konsep ‘kuno’ yg melekat pada nama Telegram.

App yang disebut-sebut bisa menyaingi WhatsApp (WA) ini memang punya banyak keunggulan. Sebetulnya, konsepnya sama dengan WA, tidak ada pin, dan secara otomatis menambahkan kontak yang sama-sama memakai Telegram. Emoticon yg dipakai pun sama dengan WA. Dari segi chat, sama saja sih.

Tapi yang menarik yaitu app ini dapat mengirim file .pdf, .doc, .gif, dsb melalui chat. Jika ingin membuat grup, maksimal anggota adalah 200 orang. As far as I know, WA maksimal anggota grup tidak smpai 100 orang. Jadi sebenarnya untuk grup atau sharing-sharing lebih enak menggunakan aplikasi messenger ini. Apalagi Telegram sendiri sudah mengaku bisa mengirim pesan meskipun dengan jaringan terlemah sekalipun.

Telegram juga punya fitur Secret Chat (belum dicoba), yang bisa self-destruct atau otomatis terhapus setelah beberapa waktu, ditujukan untuk chat yang benar-benar penting atau privasi. Ada juga passcode untuk privacy dengan mengunci Telegram menggunakan password. Tingkat keamanan memang pantas diacungi jempol.

Khawatir file hilang atau terhapus? Telegram punya Cloud Storage yang secara gratis menyimpan seluruh data baik foto, video, ataupun dokumen sehingga tidak perlu lagi bingung jika SD card terformat. Dengan adanya Cloud Storage, Telegram juga dapat diakses dari device lainnya, jadi tidak harus terpaku pada satu handphone saja.

Kekurangannya, andaikan saja ada fitur call atau video call, lengkap sudah.

Bagaimana? Tertarik mencoba? Siapa tahu Telegram bakal booming beberapa tahun lagi 😀

Advertisements
This entry was posted in Gadget, Hobby, Messenger, Social Media and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s