Perbandingan Sosial Media (Sosmed) Terpopuler di Indonesia

Heloo! Terima kasih sudah mampir dan membaca artikel yang nggak penting-penting amat ini. Aslinya penting sih berhubung banyak banget sosmed-sosmed berkeliaran di Indonesia, mulai dari yang bisa terang-terangan mengungkap identitas sampe yang anonim. Well well well okay, disini kita bahas tentang perbandingannya. Secara aku kan juga orang Indonesia yang nggak sengaja kena kultur ‘membebek’ alias ikut-ikutan hehe. Ada aplikasi baru gitu langsung install, satu macam aplikasi misalnya Launcher android saja sudah install-uninstall beberapa kali. Eh akhirnya ya pakai yang pertama dicoba tadi. Dan ini nih kebiasaan buruk banget. Sakitnya tuh di kuota. Hiks 😥

Kenapa sih bahas ginian? Apa pentingnya? Hmmn begini ya, zaman sekarang itu sudah zaman yang global banget, apa-apa pake internet, lapor apa pake whatsapp, makan mie aja diupload di path, belum instagram, dan lain-lain dan lain-lain. Kebanyakan sosial media itu bisa bikin kecanduan, atau bahasa kerennya materialisme, yang katanya Ustadz Nouman Ali Khan materialisme itu pembunuh generasi muslim. Apa jadinya kalau pemuda-pemuda kita lebih banyak aktivitas di sosial media daripada di dunia nyata? Iya mending kalau update status atau gambar yang positif dan mengingatkan, lah kalau status syahwati (berbau perasaan alias curhatan), kalau dikit-dikit check-in (padahal dulu check-in itu susah banget karena harus ke hotel), yang paling parah demen selfie. Oh nooo *tepokjidat*

Intinya kita meskipun aktif di sosmed harus bisa pilih-pilih mana yang harus di share ke publik mana yang harus disimpan pribadi saja. Siip?

social-media-marketing-for-business

Oiya, hal terpenting ketika mau milih buat akun di suatu sosmed tertentu adalah sesuaikan dengan kebutuhan kita. Kita mau komunikasi pribadi hanya dengan teman, mau jualan online, mau update status umum, mau promosi blog, harus disesuaikan dengan fungsi sosmednya. Disini kita nggak akan bahas tentang sosmed yang anonim yang bisa buat kita curhat sepuasnya ya.. Karena itu menurutku nggak bermanfaat sama sekali! Maaf, tapi memang harus ditegaskan, sosmed semacam itu buat apa? Itu hanya bikin kita cenderung cengeng dengan menulis perasaan kita disana, karena sudah dipastikan 100% penggunanya juga gak akan update status mengingat kematian misalnya? Nggak lucu kan? 😀

Fokus ke sosmed yang ‘nyata’ aja ya.. Beberapa sosmed yang pernah aku install di android karena kekepoanku dan karena terjebak iklan juga, beberapa masih nangkring awet di hape, beberapa lagi udah diuninstall bersih-bersih dari hape. Yukk cek:

1. Facebook
Siapa juga hari gini nggak punya akun Facebook? Mau dibully orang sesekolah? Susah bro kalau nggak punya Facebook. Karena sekarang komunikasi grup kelas, bagiin file presentasi dan makalah, semua di FB. Anyway FB ini adalah sosmed yang pertama kali aku buat hihihi jadi keramat banget kesannya, gak tega buat deactivate (meskipun kenyataannya aku di FB sudah pernah ganti akun tiga kali) 😀
(+) Cepet loadingnya, banyak yang pakai jadi cocok buat jualan atau komunikasi lewat grup, bisa diakses hape manapun dan PC, publik
(-) Rawan penipuan akun palsu, kalau di android app Facebook ukurannya 80 MB lebih dengan update-an terbaru, spam berkeliaran, banyak ads (iklan) yang kadang mengganggu, maklum gratis hehe

2. Instagram
Nah instagram ini aslinya sudah ada dari dulu sih tapi karena aku gaptek jadi baru 2014 kemarin buat akun IG. Ternyata enak juga loh bisa share apapun dengan menyertakan foto, jadi gak ngawang gitu. Dan sudah naluri manusia untuk menangkap sesuatu yang lebih eye-catching. Sampe sekarang masib awet akun instagram di androidku.
(+) Bisa loading gambar meskipun jaringan Edge (artinya konsumsi data sedikit), bisa difollow tanpa memfollow *senyumlicik*, buat jualan sesuai bangeet karena simpel.
(-) Agak ganggu kalau ada temen yang upload foto selfie terus, artikel nggak bisa dicopas, gambar gak bisa didownload (harus pake screenshot).

3. Path
Sosmed ketiga yang terpopuler (menurut versiku) adalah Path. Nasibnya beda dengan IG dan FB, dia kadang install kadang uninstall tergantung kebutuhan hehe.
(+) Privasi banget, yang nggak kita add otomatis nggak bisa lihat postingan kita, real-friend only (cocok untuk menjaga silaturahim), update status cepet, ada reminder upload gambar dan musik, ada fitur Sleep dan Awake, juga Inner Circle (jadi kita bisa milih melihat postingan siapa yang kita inginkan saja)
(-) Temen-temen mungkin sudah addicted sama Path sehingga dikit-dikit update, loading gambar agak lama, loading lokasi juga agak lama.

4. Pinterest
Nah bicara mengenai Pinterest, pertama tahu itu sih underestimate, ini app apa sih, penting nggak sih, dan lain-lain. Setelah mencoba sekali, wow, mau delete account itu nggak jadi-jadi.
(+) Konsepnya keren, kita hanya mendapatkan gambar di bidang yang kita interest aja, inspiratif banget, kualitas gambar jernih, bisa buat gambar yang panjang, no crop, postingan disana sejauh yang kutahu semuanya berkualitas atau lumayan berkualitas.
(-) Buat share ke FB/Google+ nggak bisa langsung kayak IG ke FB melainkan berupa link ke Pinterest, Indonesia belum banyak yang pakai, pertama kali buat agak bingung.

5. Google+
Awalnya sama dengan Pinterest, agak asing dan kurang merasakan manfaatnya. Tapi lewat baca review orang-orang tentang manfaat Google+, akhirnya aku buat akun lagi yang sebelumnya sudah dinonaktifkan. Ternyata memang bagus kok kayak Facebook, tapi lebih josss ini. Berhubung sudah banyak teman di FB, akhirnya yang Google+ diuninstall aja deh, kan bisa akses lewat PC 😀
(+) Reliable, Real-people, koneksi langsung dengan semua aktivitas di Google, cocok untuk promosi blog atau personal-branding, bisa share gambar ke FB atau akun lainnya (all-connected).
(-) Kurang popular di kalangan anak muda, loading gambar agak lama.

6. Skype dan Tango
Skype dan Tango ini satu model, dengan video chat sebagai keunggulan utama, masih setia pakai akun ini meskipun nggak pernah dibuka dan sudah diremove dari android. Lain kali kalau butuh baru install lagi.
(+) Real-people, bisa video chat, loading cepet, bisa diakses PC
(-) Kurang banyak yang pakai ini jadi kurang berfungsi di hape, butuh jaringan tinggi.

7. WhatsApp Messenger, Blackberry Messenger (BBM), dan Line
Ketiga aplikasi ini selalu wajib bangkring di android para mahasiswa karena selain murah dan private, ini juga sebagai pengganti sms. Sampai sekarang WA dan BBM masih jagonya, sedangkan Line, maaf ya harus didelete dan dinonaktifkan karena gak berperan banyak hehe.
(+) WA dan BBM: real-time messages, murah, jaringan E accessible asal stabil hehe,
WA: kualitas gambar dan video bagus
BBM: bisa kirim file
Line: rame yang pake
(-) WA: kurang optimal untuk grup jualan, mending di BBM kalo grup jualan, no kirim file
BBM: sering pending, kualitas gambar minus, harua request HD picture kalau mau bagus
Line: banyak ads dan postingan game-game dari Line -_-

8. Kik Messenger
Sosmed Kik ini biasanya untuk komunikasi sama orang luar negeri, cuma buat fun aja sih.
(+) Isinya kebanyakan bule, bisa buat latihan ngomong.
(-) Minus terbesar adalah kebanyakan bulenya adalah bule kesepian dengan status yang sangat vulgar, jangan deh jangaaan pernah masuk Kik kalau nggak mau dosa, nggak cocok buat cari teman.

9. Badoo
Badoo ini apa ya, nggak tahu deh karena cuma sehari aja terus langsung diuninstall hehe.
(+) Privasi, Real-people
(-) Nggak relevan dan nggak sesuai buat cari teman, sama aja kayak anonim.

10. Taptrip
Sosmed satu ini yang pernah bertengger beberapa bulan di androidku. Yukk langsung cek
(+) Ada fitur translate otomatis, no worries when chatting, ada reminder share foto.
(-) Banyak komen nggak penting, kurang sesuai untuk cari teman yang bener-bener pure niatnya. Tapi jika beruntung ada juga kok yang baik.

11. WeChat, Kakao, ChatOn, Telegram
Semuanya sama fungsinya kecuali Telegram. Telegram ini seperti WA tapi katanya lebih cepet dan lebih enak. Berhubung sedikit yang pakai Telegram akhirnya delete account lagi deh hehe.

Tambahan: LinkedIn dan Tumblr sepertinya ramai dipakai dan khusus LinkedIn sangat sesuai dengan orang-orang profesional dan membangun personal branding. Belum nyoba sih, next time kalau lagi mood 🙂

Sebenarnya masih ada beberapa aplikasi lagi yang perlu dibahas, tapi daripada postingan ini jadi nggak penting, lebih baik disudahi saja sampai disini 🙂 Semoga bermanfaat.

Be wise on your social media and Don’t let your finger testify against you in the Aakhirah because of this.

Advertisements
This entry was posted in Gadget, Hobby, Messenger, Social Media and tagged , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Perbandingan Sosial Media (Sosmed) Terpopuler di Indonesia

  1. Adil Desu says:

    asyik2 … cuma kurang heboh di tampilan 😉

  2. acep says:

    izin share yah teh.. hehe 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s