Jangan Kuliah! Kalau Nggak Sukses.

“Jangan Kuliah! Kalau Nggak Sukses.”

buku

Ini bukan promosi buku atau apa ya, tapi memang tulisan ini terinspirasi dari judul buku fenomenal tahun ini. Buku ini diulis oleh penulis yang langsung melejit namanya dan sekarang lagi sibuk “tour” ke berbagai kota sebagai motivator nasional untuk mahasiswa. Page facebooknya pun langsung ramai like dan share dari status-statusnya yang menginspirasi remaja yang “dewasa”. Yaa semacam Tere Liye gitu lah tapi masih baru muncul aja. Siapa lagi kalau bukan Setia Furqon Kholid. Bukunya sih belum pernah baca dan belum pernah ikut seminarnya juga hehe, tapi denger-denger dari teman yang sering ngikutin, materinya seru dan bukunya juga menarik. Isinya kurang lebih tentang motivasi kepada remaja-remaja baik yang pengen, mau, atau sedang jadi mahasiswa untuk lebih produktif di dunia perkuliahan. CMIIW*

Meskipun banyak motivator yang lalu lalang di persada Indonesia, ada satu nih motivator favoritku, pertama kali aku baca bukunya “Percepatan Rezeki Dalam 40 Hari Dengan Otak Kanan” rasanya kayak dicambuk dan didorong untuk maju, seakan-akan orangnya ada di depanku sendiri, nama beken dan twitternya @ipphoright, atau Ippho Santosa. Keren abissss. Mindsetku yang dari SD Cuma ingin jadi guru yang notabene karyawan biasa langsung diubah total 180 derajat untuk berusaha jadi pedagang.

Apaaaa? Bukannya malah turun itu targetnya? :0

Ohhh jelas tidak! Pedagang itu bermacam-macam, ada yang dagang otak, ada yang dagang keterampilan, dagang barang unik, apapun itu asalkan JUALAN. Banyak kok yang awalnya berdagang kecil-kecilan terus karena niat dan tekat yang kuat akhirnya sekarang mereka jadi pengusaha sukses. Keliling dunia broooo. Buka franchise di mancanegara, punya banyak relasi. Kurang keren apa coba? Misalnya nih yang sekarang aku lagi ngikutin updatenya selain Ippho Santosa sendiri, ada Hendy Setiono owner dari Baba Rafi, kebab Turki ala Indonesia yag sekarang sudah ada cabangnya di berbagai negara, padahal dulu pas buka usaha hanya dengan modal satu gerobak dan nggak sempat melanjutkan kuliahnya di perguruan tinggi terkemuka di Surabaya. Dan alhamdulillah sekarang sudah bisa belajar langsung dari pakar orang-orang hebat lewat pertemuan-pertemuan bisnis pengusaha dunia. Lalu ada lagi Jamil Azzaini yang sekarang sukses jadi motivator dan membawahi pelatihan trainer-trainer di Indonesia. Ada lagi Ustadz Felix Siauw yang sekarang di tengah kesibukannya jadi ustadz, tapi masih dan sangat produktif bikin buku yang menyadarkan banyak orang untuk mendalami dan menerakan Islam lebih baik lagi. Maa shaa Allah.

Tetapi, ternyata tokoh-tokoh motivator di atas juga termotivasi oleh satu sosok besar, yang paling hebat, paling cerdas, paling kompetitif, paling semangat, dan paling-paling lainnya, yaitu Rasulullah Muhammad Shallallahu alaihi wasallam. Allahumma shalli wasallim alaih. segala puji bagi Allah yang telah mengutus beliau untuk menjadi suri tauladan bagi kita umat manusia, dan memang, duani tak bisa memungkiri kehebatan penutup para nabi ini. Michael H. Hart, seorang non muslim yang menulis buku tentang “The 100: A Ranking of The Most Influential Persons in History” menobatkan Nabi Muhammad SAW di ranking teratas, mengalahkan Yesus dan Isaac Newton. Mata ini rasanya selalu ingin menangis dan hati ini membuncah rincunya ketika mengenang Rasulullah SAW, Ya Rasulullah terimalah aku sebagai umatmu :’)

index

“100 Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia”

Alright, balik lagi ke topik semula.

Setelah baca buku ini itu, browsing internet, dan lain-lain, keinginanku untuk berbisnis semakin meluap. Aku tidak boleh jadi orang yang biasa-biasa saja. Aku harus menang!!!

Manusia memang ribet, selalu saja mikir panjang kalau mau berbuat kebaikan. Dan ini terjadi juga sama aku. Kendala-kendala mulai bermunculan: Apa yang bisa aku lakukan untuk memulai bisnis? Enaknya bisnis apa ya? Laris nggak ya? Modalnya dari mana? Blah blah blah.

Sekarang sih masih punya bisnis pulsa, tapi cuma buat sekitaran rumah aja, nggak jauh-jauh. Pengennya merambah bisnis yang lain. Mau bisnis e-commerce, tapi kok ribet dan sepertinya tidak ada modalnya, meskipun ada (dari orang tua), belum tentu baliknya juga sebanding. Nggak tega sama orang tua. Mau bisnis makanan, hmmmm bisa juga sih, tapi apa ya??? Aku orangnya nggak kreatif sihh, huahuahua. Mau bisnis online shop, juga bingung mau jual apa. Konsultasi ke orang tua malah dijawab,”Nggak tahu”, “Yaa terserah kamu loh”, ”Kalau nggak ngerti ya nggak usah bisnis”. Makjelebb ini yang terakhir. Seperti sudah susah-susah naik ke puncak dan baru sadar bekal makanannya tertinggal di bawah. Sakitnya tuh disinii…

Akhirnya balik ke opsi awal, dengan akses android dan laptop yang ada modemnya, paling cocok untuk aku yang introvert yaa menulis. Itu aja, apa guna internet kalau tidak bisa menghasilkan uang? Memang sih sebelumnya sudah ada keinginan untuk menulis rutin di blog, tapi kok yang namanya males itu adaa aja. Jadinya ya gini, bolong-bolong, kadang ada post, kadang nggak. Tapi nggak apalah, namanya juga pemula hhehe. Hitung-hitung latihan buat skripsi lah 😀 Doakan semoga bisa lulus cepet yah, Aamiin

By the way, perlu diluruskan lagi nih, blog ini bukan untuk tujuan komersial kok. Cuma catatan kecil aja dan rumah ke sekian-sekian buat seorang mahasiswa galau kayak aku. Jadi mohon dimaafkan kalau kadang postingan disini ada yang bermanfaat, banyak juga yang nggak jelas, hahahaa 😀

Semoga banyak bermanfaatnya sih, atau minimal terhibur sedikitlah dari curhatan-curhatanku.

Okee kayaknya sudah dulu deh tulisan ini, lanjut lagi di postingan selanjutnya, bakalan ada curhatan tentang mimpi-mimpiku, tujuanku, duniaku. Ingatkan ya kalau aku lupa.

Have a nice day 🙂

*Kamus Alay: CMIIW = Correct Me If I am Wrong

Advertisements
This entry was posted in Curhatan, Dreams, Hobby, Purpose of Life. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s