Mengatasi Sinyal Wifi yang Tiba-Tiba Hilang pada Laptop Windows 7

Wifi adalah sesuatu yang sangat menarik bagi kaum muda sekarang. Karena gratisan, tentunya. Karenanya, banyak fasilitas umum yang mulai menyediakan wifi, mulai dari hotel bintang lima, kolam renang, restoran, bahkan warteg sekalipun (ini warteg modern amat?). Gadget-gadget elektronik pun mulai mereinkarnasi dirinya menjadi sebuah wifi searcher alias dilengkapi dengan fasilitas wifi juga di dalamnya. Tapi pernah nggak pas lagi di daerah yang wifinya terkenal super cepat, tapi pas nyalain laptop eh nggak ada wifi yang terdeteksi sama sekali. Padahal di laptop temen-temen wifinya oada terdeteksi semua. Walhasil nggak jadi download filem deh. Nyebelin nggak sih? Memang, ini pengalaman pribadi soalnya. Karena itu, aku pengen berbagi bagaimana rasanya mengalami kehilangan sinyal wifi dan solusinya.

            Waktu pertama kali itu aku panik setengah mati, kirain hardware wifinya yang error. Aku tanya temen pun pada nggak bisa ngasih jawaban semua. Akhirnya aku searching di internet pake modem. Alhamdulillah ternyata banyak juga yang pernah mengalami kejadian kayak begini. #cariTemen

            Dari hasil searching beberapa blog dan website, akhirnya aku coba satu per satu caranya. Inilah hasil trial and error pas benerin wifi. Nah, kalau ada pembaca yang mengalami masalah yang sama seperti diatas, boleh dicoba nih caranya.

  1. Cek dulu apakah wifi sudah nyala atau belum. Pada beberapa laptop memang ada tombol khusus untuk wifi sehingga proses menyalakan wifi harus dilakukan secara manual. Untuk yang tidak ada tombol wifi di laptopnya boleh tenang, karena itu artinya wifi menyala secara otomatis. Jadi tidak perlu cek manual.
  2. Jika wifi sudah on tetapi sinyal wifi tetap tidak terdeteksi, coba dicek di Control Panel > Programs. Harusnya di barisan programnya itu ada Wireless Drivernya. Karena aku pake Lenovo, maka wireless driverku namanya Lenovo_Wireless_Driver. Nama ini tergantung dari jenis laptopnya ya. Nah jika ternyata tidak ada program tersebut, berarti wireless driver itu telah teruninstall entah secara sengaja ataupun tidak. Jadi, langkah selanjutnya (dan ini langkah yang paling efektif menurutku) adalah dengan menginstall ulang Wireless Driver.
  3. Image

            Yang dibutuhkan yaitu a) CD installation Windows7 (karena aku pake Windows7), boleh tidak berbentuk CD, bisa juga dalam flashdisk, asalkan berisi installation windows tersebut dan b) keberanian untuk mencoba, yup, keberanian inilah yang paling penting. Jarang dari kita yang tidak mau melakukan perubahan apapun di laptop kita hanya karena takut error laptopnya, padahal tidak semua bawaan laptop itu baik untuk kinerja laptop, ada beberapa yang harus diubah untuk mempercepat kinerjanya.

            Oke, setelah keduanya siap, tinggal kita pergi ke tempat yang menyediakan wifi gratisan untuk mengecek wifi. Langkah-langkah menginstal ulang adalah sbb:

  1. Masukkan CD installation atau flashdisk yang berisi installation windows 7.
  2. Buka Control Panel > ketik Device Manager pada kotak Search > kemudian pada daftar yang paling atas yang bernama laptop kita (disini tertulis Lenovo-PC), klik kanan pilih Scan for Hadware Changes. Proses ini tidak akan mengubah seluruh kerangka windows kita yang lama, tetapi akan memilih mana yang perlu diperbaiki saja.
  3. Langkah kedua itu boleh dilakukan boleh tidak. Kalau masih bingung dengan langkah kedua, mending langsung dibuka saja Drive CD di My Computer > cari folder WLAN, LAN, atau sejenisnya > cari setup.exe > klik dan Windows akan memulai instalasi wireless driver yang baru > cek wifi dan Voilaaa, sinyal wifi muncul lagi deh J

Selamat mencoba!

Advertisements
This entry was posted in Gadget, Hobby, Laptop and tagged , . Bookmark the permalink.

8 Responses to Mengatasi Sinyal Wifi yang Tiba-Tiba Hilang pada Laptop Windows 7

  1. lawetan says:

    bantuin gan, laptop gue toshiba l510 (intel pentium dual core) 32bit.
    kendalanya pada wireless yang hilang dari devices manager, udah install berapa kali tetap aja gak muncul2, sampe2 gonta-ganti os dari xp sp1-sp3, w7 dari home premium sampe ultimate masih gak kelar ni masalah, kira2 ada solusinya gak?
    tolong e-mail ke lawangwetan@yahoo.com

  2. yuuyuyy says:

    makasih banyk it works…………

  3. abdulkadir says:

    gang klw bisa menyarankan untuk dbagian ini kemudian pada daftar yang paling atas yang bernama laptop kita (disini tertulis Lenovo-PC), klik kanan pilih Scan for Hadware Changes,. di beri contoh(gambar),. .. karn ini sangat bermanfaat buat yang pemula mau belajar,.

  4. abdulkadir says:

    kemudian klw sudah di Scan for Hadware Changes kemudian apa lagi ,. ??

    • abdulkadir says:

      mohon searingnya dong,. aq mau jadikan bahan ajar,

    • nyssawey says:

      scan for hardware changes itu sepertinya cuma windowsnya menganalisis ada perubahan atau tidak dalam pengaturan laptop. kalau aku dulu work nya ketika langsung ke langkah ketiga——> mending langsung dibuka saja Drive CD di My Computer > cari folder WLAN, LAN, atau sejenisnya > cari setup.exe > klik dan Windows akan memulai instalasi wireless driver yang baru.

      langkah ketiga ini intinya kita cari setup mentahnya wifi, yang lama diuninstall, install baru lagi, jaidi otomatis pengaturannya juga baru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s