Hakikat Hidup

Apa yang dicari?

Apa yang dikejar?

Materi takkan dibawa mati. 
Mau diapakan harta itu?

Uang tak bisa membeli kebahagiaan dan ketenangan.

Kebahagiaan hanya akan muncul jika berbagi, menciptakan momen-momen yang berharga pada orang-orang di sekitar kita.

Apa gunanya uang jika waktu terkuras untuk bekerja? 

Apa gunanya harta kalau urusan keluarganya terbengkalai?

Rumah jadi hanya sebatas tempat singgah dan istirahat, komunikasi sekedarnya.

Ada orang miskin yang memiliki mental kaya, rizki berlebih atau secukupnya tetap syukur yang dipanjatkan.

Ada orang kaya tapi memiliki mental miskin, uang ada, rumah mewah, tapi terobsesi bekerja dan mencari lebih banyak pundi harta, sibuk urusan dunia, lupa tidak menikah. 

Lebih parah lagi, ada orang miskin, tak punya harta, tapi bermental miskin, siang malam yang dipikirkan hanya uang, meratapi keadaannya yang tidak berada, bahkan mendengki tetangga sebelah yang barusan bisa beli kulkas.

“Bekerjalah seperti engkau akan hidup seribu tahun lagi. 

Beribadahlah seperti engkau akan mati esok pagi.”

 #reminderformyself

Advertisements
Posted in Curhatan, Poetry, Purpose of Life | Tagged , , , , , , , | Leave a comment

S. A. B. A. R

Sama seperti ikhlas, kalau masih bicara tentang sabar maka ia bisa jadi tidak sabar.

Sabar itu susah,
Sabar bukanlah sikap tenang sesudah sebelumnya menangis dan meratap,

obral kata kesana kemari, seolah bebannya paling berat di dunia.

Padahal Allah tidak membebani di luar kemampuan hambaNya.

Sabar letaknya di awal musibah,

sikap tetap tenang dan tawakkal,

tetap percaya bahwa yang terjadi itulah yang terbaik dari Allah,

meskipun ada sedikit ratapan,

tapi manusia mana yang tidak tahan sedih?

Sabar bukanlah diam,

Sabar itu tetap menyampaikan, tetap bertindak, dengan tetap tidak kehilangan kendali.

Sabar. Hanya satu kata. 

Tabah, menerima, legowo, ikhlas,

berjuang, pantang menyerah,

berharap, berpikiran baik kepada Allah, yakin, 

menahan diri dari berbuat jahat dan maksiat,

pun itu masih kurang untuk menjelaskan rangkaian seutuhnya dari hanya satu kata. 

Sabar.

Mungkin karena itu,

Allah mengganjar pahala besar,

membuka pintu surga lebar-lebar,

mengampuni dosa,

membersamai orang-orang yang sabar.

Semoga Allah memberikan kesabaran dan kekuatan bagi kita semua. Aamiin.

Posted in Curhatan, Hearts, Poetry | Tagged , , , , , , , , | Leave a comment

Cara Download Rekaman Smule Menjadi MP3 di HP

Okee sudah 6 bulan rasanya blog ini tidak berpenghuni. Langsung saja, berhubung pembahasan di sebuah grup itu membahas traktiran karaoke terus yang nggak jadi-jadi, saya teringat dengan aplikasi karaoke yang booming banget namanya SMULE. Entah angin apa yang membuatku akhirnya menginstal aplikasi ini juga, padahal sebelumnya juga nggak pernah karaoke. Meskipun telat banget dari yang namanya kekinian, ora opo-opo. No problemo.

Smule ini enak juga sih, sama kayak soundcloud, tapi bisa dibuat karaoke sendirian ataupun duet alias collab. Ada efeknya juga buat edit suara, jadi lumayan hehehe tapi tergantung juga gimana suara aslinya, kalau asli suaranya begitu ya begitu aja sih hahaha 😂😂.

Masalahnya, lagu-lagu rekaman kita di SMULE ini nggak bisa di download, padahal kita kan juga pengen dengerin suara kita ya tanpa harus ngeluarin paket data. Tapi jangan khawatir, di dunia internet, semua bisa. Syaratnya kudu punya aplikasi ini nih:
1. Sing! SMULE
2. Google Chrome (saya nyoba UC browser nggak bisa)
3. VT View Source (download di Google Play Store)

Tutorialnya ikuti langkah-langkah berikut ya. Simpel kok. Amati gambarnya.

1. Buka akun SMULE dan pilih lagu yang akan didownload

image

 

 

 

 

 

 

 

2. Pilih “Copy Link” atau “Salin Tautan” dengan simbol seperti di gambar.

image

 

 

 

 

 

 

 

3. Buka VT View Source dan “Paste” atau “Tempel” link tadi di tempat yang disediakan.

image

 

 

 

 

 

 

 

4. Muncul halaman yang berisi html dan kode-kode yang aku juga nggak terlalu paham. Pilih kode panjang yang paling atas. Klik satu kali.

image

 

 

 

 

 

 

 

5. Muncul kode-kode lagi. Halaman ini tidak kita perlukan. Tekan “Back” atau “Kembali” satu kali.

image

 

 

 

 

 

 

 

6. Halaman inilah yang dibutuhkan. Cari kata “audio/” maka akan ketemu satu hasil pencarian. Klik satu kali pada kode panjang yang adadi atasnya.

image

image

 

 

 

 

 

 

 

7. Sambungkan dengan Google Chrome. Akan tampak seperti ini.

image

8. Klik agak lama pada rekaman tersebut, akan muncul opsi “Save Video”.

image

Done
Selamat mencoba 😊

Posted in Gadget, Hobby, Social Media | Tagged , , , , , , , , | 2 Comments

Psikologi adalah Ilmu?

Pertanyaan: Apakah Psikologi adalah ilmu sains? Apa alasannya?

Jawaban:

Untuk menjawab pertanyaan ini, sebelumnya kita perlu mengetahui apakah itu ilmu sains. Sains merupakan ilmu yang teoretis, tetapi meskipun demikian, teori ini juga tidak sembarangan, melainkan hasil dari pengamatan, percobaan, maupun eksperimen terhadap gejala-gejala yang terjadi di alam.  Karena teori-teori saja tidak dapat dipertahankan tanpa adanya bukti dari hasil pengamatan. Dari sini dapat kita ketahui hal yang pertama yang menjadi syarat ilmu, yaitu pengetahuan yang sudah melalui proses dan metode ilmiah. Metode ilmiah yang dimaksud langkah-langkahnya adalah dengan:

  1. observasi (mengamati gejala alam) yang kemudian dari sini kita dapatkan data awal;
  2. merumuskan masalah;
  3. menyusun hipotesis, dalam menyusun hipotesis pun tidak boleh sembarangan, tetapi harus sesuai dengan data-data awal sehingga didapatkan hipotesis yang rasional;
  4. melakukan eksperimen yang kemudian kita dapatkan data;
  5. menganalisis data yang didapatkan dari eksperimen yang dilakukan; dan
  6. mengambil kesimpulan.

Dan syarat ilmu yang kedua adalah harus berlaku secara universal atau umum, maksudnya hasil pengamatan (teori) tersebut juga dapat dipakai dimanapun dan kapanpun, tidak boleh berlaku sesaat saja.

Setelah kita tahu apakah itu sains dan syarat ilmu, sekarang kita perlu tahu apakah itu psikologi. Kata psikologi sendiri terdiri dari dua kata yang berasal dari bahasa Yunani (Greek) yaitu kata psyche yang artinya jiwa, dan kata logos yang artinya ilmu. Jadi menurut arti kata, psikologi adalah ilmu jiwa, ilmu yang mempelajari tentang jiwa, baik mempelajari gejala-gejalanya, prosesnya, ataupun latar belakangnya. Definisi psikologi sendiri menurut para ahli ada bermacam-macam. Salah satunya pendapat Plato dan Aristoteles, dua orang ahli filsuf pada zaman Yunani, yang mengatakan bahwa psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang hakikat jiwa seta prosesnya sampai akhir. Sedangkan menurut Wilhelm Wundt, tokoh psikologi eksperimental, berpendapat bahwa psikologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari pengalaman-pengalaman yang timbul dalam diri manusia, seperti perasaan panca indera, pikiran, merasa (feeling) dan kehendak. Ada juga seorang tokoh filsuf Indonesia yang bernama Dr. Singgih Dirgagunarsa, berpandangan secara umum bahwa psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia.

Sebagai suatu ilmu, psikologi juga memiliki metode penelitian sebagaimana yang dimiliki oleh cabang ilmu lainnya, tetapi metode dalam psikologi agak berbeda disebabkan perbedaan dalam objeknya. Sebagai contoh, ilmu pengetahuan alam berobjekkan benda-benda mati, sedangkan objek psikologi adalah manusia yang hidup, makhluk yang dinamik, berkebudayaan, dan berkembang sehingga dapat berubah setiap saat.

Pusat pendekatan ilmiah psikologi adalah empat sikap yaitu rasa ingin tahu (curious), skeptis (tidak menerima begitu saja hal yang didapatkan), objektivitas, dan yang terakhir yaitu kesediaan untuk berpikir kritis. Dan metode ilmiah yang digunakan terdiri dari beberapa langkah yang telah dijelaskan diatas, yaitu metode yang dimulai dari mengamati gejala (observasi) hingga menarik kesimpulan.

Jadi berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa psikologi dapat disebut sebagai ilmu yang mandiri karena psikologi telah memenuhi syarat sebagai berikut :

  1. psikologi dipelajari melalui penelitian-penelitian ilmiah menggunakan metode ilmiah seperti yang telah dijelaskan diatas;
  2. memiliki struktur keilmuan yang jelas;
  3. memiliki objek, seperti yang telah dijelaskan bahwa objek psikologi adalah manusia yang hidup;
  4. menggunakan metode ilmiah seperti eksperimen, observasi, sejarah kasus (case history) pengetesan dan pengukuran (testing and measurement);
  5. memiliki terminology khusus seperti bakat, motivasi, inteligensi, dan kepribadian;
  6. psikologi dapat diaplikasikan dalam berbagai bidang kehidupan (artian dari psikologi sebagai ilmu terapan).

Referensi :

Ahmadi, Abu. 2009. Psikologi umum. Jakarta : Rineka Cipta.

King, Laura. 2012. Psikologi umum: sebuah pandangan apresiatif. Jakarta : Salemba Humanika.

Nasrudin, Harun. 2007. Sains dasar. Surabaya : UNESA University Press.

Posted in Psikologi, Uncategorized | Tagged , , , , | Leave a comment

Tentang Cinta Manusia

full_size_20151006181347.jpg

Aku tidak menuntut apapun darimu.

Tapi jika ia cinta, ia akan memberi tanpa diminta.

Aku tak ingin meminta penjelasan kepadamu.

Tapi jika ia cinta, ia akan berbagi tanpa pandang materi.

Karena jika ia cinta, tak ada rahasia lagi antara dua hati.

Aku tak ingin merusak bahagiamu.

Karena jika aku cinta, bahagiamu adalah bahagiaku.

Tapi jika ia cinta, bahagiaku adalah bahagianya juga.

Aku tak akan memintamu menoleh kepadaku.

Tapi jika ia cinta, ia tak akan memalingkan pandangannya darimu.

Aku tak akan meminta waktu dan perhatianmu.

Tapi jika ia cinta, ia tak segan mengorbankan segalanya untukmu.

Hanya saja, aku ingin rasakan cinta seperti itu.

Maafkan aku yang hanya manusia.

Aku akan menuntut.

Aku akan meminta penjelasan.

Aku akan mencampuri bahagiamu.

Aku akan memintamu menoleh padaku.

Aku akan meminta waktu dan perhatianmu.

Hanya saja, aku tak bisa memaksa.

Aku maafkan dirimu yang hanya manusia.

Tapi..

Saat kau memberi tanpa diminta,

Saat kau mulai berbagi rahasia,

Saat bahagiaku juga menjadi bahagiamu,

Saat kau tak memalingkan pandanganmu,

Dan saat kau mengorbankan segalanya untukku,

Aku harap saat itu kau melakukannya karena kau yang memang mencintaiku.

Tapi jika tidak,

Aku maafkan dirimu yang hanya manusia.

Dan jika aku tidak melakukannya,

Maafkanlah aku yang hanya manusia.

Posted in Curhatan, Hearts, Poetry | Tagged , | Leave a comment

Cara Flash atau Instal Ulang Cross A88

Akhir-akhir ini hp ini sering nge-hang, sering banget ada tulisannya “Unfotunately, app has closed.” Tapi paling parah tiga hari ini, sampai-sampai nggak bisa dibuka sama sekali. Semua aplikasi pada ada tulisan begitu -.-

Pilihan terakhir: Reset hp.

Dua hari kemudian, mulai lagi. Semua aplikasi nggak bisa dibuka kecuali buat sms saja. Didiamkan sejam dua jam, bahkan sampai pagi, tetap nggak bisa dibuka. Arrgh okelah di reset lagi. Satu kali, dua kali, tiga kali, hasilnya TETAP.

Panik, harus apa ini, if you know me so well, pasti ngerti kalau hp ini adalah mata pencaharianku. Suayaang banget sama hp ini meskipun butut dan sudah nggak update lagi. Memang benar kata orang, yang berharga itu bukan bendanya, tapi kenangannya. *Uhuk*

*Lagian kalau minta hp lagi sungkan*
*Nggak bakal dibeliin lagi sama orang tua*
*Kalau ingin ganti hp harus sama duit sendiri*

Sempat kepikiran buat nge-root hp, tapi kata saudara jangan deh, mending di software aja. Oke lah daripada rusak, aku milih software ulang saja. Tapi mau ngantri di service center juga males, belum tentu sehari jadi. Nekatlah saya buat belajar install ulang sendiri, berbekal hanya searching di google. Ternyata sudah banyak yang punya masalah serupa.

Gunanya instal ulang itu seperti reset, hanya saja benar-benanr seperti keluaran pabrik, kalau reset saja seringnya masih ada bekas-bekas peninggalan masa lalu yang menempel *jiah*. Cara mengatasi hp Cross A88 dengan permasalahan: mati total (bukan karena hardware), lupa password, system error atau bahkan sekedar bootloop (nyala tapi sampai di logo saja) ataupun ingin kembali lagi ke stock rom. Flashing atau install ulang adalah cara terakhir, plus yang paling ampuh.

Kalau masih belum berani mencoba sendiri atau malah takut hp jadi tambah rusak, sebaiknya dibawa saja ke service center Cross. Tapi apa salahnya sih berbagi ilmu, benar-benar mudah kok instal ulang sendiri. Nggak ribet dan nggak memakan waktu lama.

Alat:

  1. Stockrom Cross A88 Terbaru
  2. Download USB VCOM drivers
  3. SP Flashtool(ini adalah tool yang nantinya buat flash ulang)
  4. Dan yang terakhir yang terpenting, perangkat laptop atau komputer
  5. Kabel data yang sesuai

Cara instal ulang:

1.Download bahan nomor 1-3. Ikuti link. Untuk stock rom ukurannya adalah 333 MB. *FYI

2.Ekstrak semua file yang sudah di download.

3.Di folder USB VCOM drivers, instal InstallDriver.exe di PC atau laptop.

4.Jalankan Flashtool.exe yang ada di folder SP Flash Tool.

5.Selanjutnya, klik Scatter-loading dan cari “MT6589_Android_scatter_emmc” yang ada di dalam folder ekstrakan MD501_CROSS_V0.5.0_S0626.

1

6. Lalu semua file yang akan di flashing akan otomatis tercentang. Hilangkan centang pada PRELOADER).

2.1

7. Next, klik Download, kemudian sambungkan Cross A88 ke PC menggunakan kabel data (Ingat! Hp harus dalam keadaan off), kalau sudah nyambung, proses flashing akan otomatis mulai dengan tanda progres bar berwarna merah. Kalau tidak ada warna merah, tandanya kabel USB belum nyambung benar.

2

8. Tunggu sampai proses selesai, ditandai dengan warna progres bar kuning, jika sudah komplit akan muncul lingkaran berwarna hijau. Pengalaman saya nggak sampai sepuluh menit kok.

9. Setelah tahap 8 selesai, cabut kabel USB dari laptop.

10. Nyalakan kembali android dan Voilaa, hp sudah seperti baru lagi.

Peringatan !

  • DWYOR (Do With Your Own Risk)
  • Hanya berbagi berdasarkan pengalaman dan browsing sana sini, penulis tidak bertanggung jawab apabila terjadi sesuatu dengan smartphone ya, resiko ditanggung penumpang.
  • Kalau tidak berani coba mending tidak usah dicoba. Ingat, flashing ini cara terakhir karena akan menghapus semua data *buktinya data saya meskipun sudah di back up tetap nggak bisa balik*. Selama ada cara lain, dicoba dulu ya.
Posted in Gadget, Laptop | Tagged , , , | 6 Comments

Aku, Kamu, Benar dan Salah

image

Kadang kita merasa paling benar sendiri.
Tak menyadari bahwa kebenaran itu memiliki banyak sisi.

Kadang juga orang lain bisa lebih benar dari diri ini,
dalam maksud dan caranya sendiri.

Tugas kita,
bukan menjadikan aku sebagai pihak yang benar.
Tugas kita,
bukan menjadikan kamu sebagai pihak yang salah.
Tugas kita,
adalah memahami apa yang benar dan mengerti yang mereka maksudkan, apapun perlakuannya…

Think good of others dan good things will happen.

#poem #poetry #truth #believe #right #wrong #life #you #me #self #understanding #blessed

Posted in Uncategorized | Leave a comment

7 Kesalahan Saat Mencari Jodoh (For Muslimah)

Daripada nganggur lebih baik menyadur hehehe..

Assalamu alaikum muslimah, kali ini kita akan bahas tema jodoh nih. Pasti semua pernah galau masalah ini kan? Hahah sama berarti. Jadi sebenarnya aku ingin menulis yang original dari pikiran sendiri sih, tapi berhubung banyak artikel yang lebih otentik, lebih bermutu dibanding ide sendiri, oke lah. Kali ini sumbernya yaitu sebuah page di Facebook: Pure Matrimony, yang khusus bahas masalah jodoh dan pernikahan. Berhubung artikelnya bahasa inggris, nah kebetulan tangan ini sudah kangen pencetin keyboard laptop. Jadilah beberapa hari ini sibuk menyadur.

Meskipun sudah dibahasakan sendiri dan disesuaikan dengan iklim tropis dan kulit wanita Indonesia *apasih*, mudah-mudahan masih bisa dipahami ini tulisan hehe.. Langsung saja cekidot, kesalahan apa sih yang sering dilakukan muslimah ketika mencari jodoh?

She is praying for him. He is praying for her. Little do they know, Allah has sealed their fate together since they were even born yet.

Kesalahan 1: Kita cuma chatting aja kok, sama telepon sesekali, nggak apa-apa kan ya?

Jawabannya, TIDAK. Kita mungkin punya niatan baik supaya lebih mengetahui pribadinya dengan tujuan pernikahan, tapi yang namanya setan itu punya lebih banyak cara untuk menjerumuskan kita dan lebih pintar memilih situasi yang berpotensi dosa. Pelan tapi pasti, hal-hal tertentu akan terlihat lebih acceptable, “Nggak apa lah chat tengah malam, kan sibuk kalo siang”, “Nggak apa lah telepon sebentar, cuma tanya kabar aja kok”. Tahu-tahu kita sudah terlalu jauh, berada dalam kondisi yang sebelumnya kita mikir,”Nggak mungkin aku bisa seperti itu.” Hubungan yang nggak halal itu seperti pasir hisap, mudah masuk ke dalamnya tapi sulit untuk keluar dari sana (biasanya karena sudah ada ikatan emosional yang kuat). Padahal jika kita nurut sedikit sama apa kata Allah, hidup kita pasti akan lebih mudaaah dan lancar. وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنٰىٓ ۖ إِنَّهُۥ كَانَ فٰحِشَةً وَسَآءَ سَبِيلًا “Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.” [QS. Al-Isra’: Ayat 32]

Tips: Jangan dekati zina – Apa sih maksudnya?

Perhatikan, semua yang terpikir “cuma” seperti contoh di atas, bisa saja menjurus ke zina. Dan disebutkan di ayat tersebut kalau zina itu adalah sebuah jalan yang buruk. Kenapa disebut jalan? Kenapa bukan “perbuatan” yang buruk?

Karena zina itu ada step-stepnya, ada prosesnya, ada langkah-langkahnya menuju kesana. Dan itu dimulai dari “cuma” tadi.

Jadi hati-hati dengan kata “cuma”. Saya sih “cuma” ngingetin aja~

So, mulai dengan hal yang baik, disertai cara yang baik, hasilnya jadi baik, pernikahannya jadi berkah dunia akhirat. In shaa Allah 🙂 aamiin

IMG_97384057768595Kesalahan 2: Boleh kan keluar hanya berdua, atau sama orang tua, sama teman? Realistis aja lah, kita saling mencintai.

Ya, memang saling mencintai. Tapi bukankah Allah lebih pantas dicintai dan diutamakan? Tentu saja jawabannya adalah Allah harus dicintai melebihi apapun dan siapapun di dunia ini.

وَمِنَ النَّاسِ مَن يَتَّخِذُ مِن دُونِ اللَّهِ أَندَادًا يُحِبُّونَهُمْ كَحُبِّ اللَّهِ ۖ وَالَّذِينَ ءَامَنُوٓا أَشَدُّ حُبًّا لِّلَّهِ ۗ ِ “Dan diantara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah; mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman amat sangat cintanya kepada Allah.” [QS. Al-Baqarah: Ayat 165]

Apakah kita menyalahgunakan dan mengingkari nikmat yang yang telah diberikan oleh Allah? Apakah kita memanfaatkan kepandaian, kecantikan, dan segala kelebihan kita dengan tidak menuruti Allah? Jika memang cinta kita kepada Allah melebihi segalanya, ya sudah menikah saja. Karena hanya pernikahan yang bisa mengobati dua orang yang sedang jatuh cinta.

Dari Ibnu Abbas, Rasulullah SAW bersabda,”Engkau tidak melihat hal yang lebih baik bagi orang yang saling mencintai selain pernikahan.” (HR Ibnu Majah)

Tips: Jika tidak berniat menyegerakan pernikahan dalam waktu dekat, sabaar dan jangan melampaui batas yang ditetapkan Allah untuk mengejar kesenangan yang semu dan sesaat.

In shaa Allah pasti ada saatnya bagi kita, dan ingatlah, kita nanti akan sangat sangat sangat menyesal kalau sampai jatuh dalam hal yang haram saat mencari yang halal.

mertua

kalau gentle, langsung hadap bapaknya!

Kesalahan 3: Toh nanti akhirnya kita juga nikah kok!

Begini ya, sebelum pak penghulu bilang SAH sebagai suami istri, laki-laki yang kita cintai itu sama saja dengan laki-laki lainnya. Sama saja! Nggak usah lah terbujuk rayu mentang-mentang sudah lamaran atau masih niat melamar. Demi Allah, ada saudara-saudara kita disana yang menyerahkan kehormatan dan kemuliaannya hanya karena janji-janji manis dan perasaan kasmaran, lovey dovey, lalu kemudian mereka menyesal karena telah menikahi laki-laki yang tidak punya rasa takut kepada Allah, menyesal juga karena terlalu cinta buta sampai-sampai tidak melihat lampu merah dari adab masyarakat dan agamanya.

Laki-laki yang sejati itu bukan dia yang bisa menggaet wanita, tapi dia yang takut kepada Allah meskipun saat emosinya sedang tinggi-tingginya.

Buat wanita, jangan menyia-nyiakan waktu laki-laki. Kalau memang belum siap menikah, ya bilang, jangan jadi pelaku PHP.

dont be too hasty

cinta itu ajeg dan bersabar. nafsu itu terburu-buru.

Kesalahan 4: Tapi dia nggak suka sama aku kalau kita nggak komunikasi.

Coba deh kita sekarang pikirkan, hakikat pernikahan adalah untuk menyempurnakan separuh agama, tentunya dengan pasangan yang juga ngerti agama, minimal bisa mengingatkan kita ketika hampir terjerumus ke dalam dosa. Pasangan itu nantinya yang akan menjadi orang yang paling dekat, yang paling berpengaruh buat kita. Kalau sebelum nikah saja dia nggak bisa jaga diri kita, bagaimana bisa mengharapkan dia menjaga kita sesudah nikah? Kalau dia tetep keukeuh ingin chatting atau komunikasi sama kita tanpa sepengetahuan wali, artinya dia membuat kita terpojok. Di sisi lain kita ingin menjaga iman dan kemuliaan sebagai wanita dengan membatasi komunikasi yang tidak perlu, di sisi lain juga kita ingin membahagiakan dia. Hmmmm, fair nggak sih?

Tips: Wali kita itu ada tugasnya juga, menjaga diri kita sebelum pernikahan dari komunikasi yang nggak halal, dari mata-mata jahat, dari luka emosional karena kesenangan sesaat, wali itu tugasnya bukan hanya saat ijab kabul aja loh. Kalau memang dia tidak mau menuruti aturannya, Game over. Gitu kan ya?

Mau nekat coba-coba? Nikah kok coba-coba. Ingat ya, yang kita lakukan sekarang pasti berefek besar di masa depan. Jauh-jauh deh sama yang dilarang. Insya Allah berkah~

11174941_967186366645148_7949961684461079873_n

lebih baik kehilangan seseorang karena Allah daripada kehilangan Allah karena seseorang

Kesalahan 5: Aku tidak bisa menemukan orang lain selain dia. Dia satu-satunya yang mengerti aku sepenuhnya.

Untuk yang masih takut tidak kan menemukan orang lain, semoga segera dipertemukan oleh Allah dengan yang lebih baik. Aamiin.

Memang ya kadang kita merasa spesial ketika ada laki-laki yang soleh, sopan, beriman, mapan, sedang tertarik pada kita. Sebagai wanita sih nggak munafik hehe. Tapi jangan sampai kita terlibat jauh dengan laki-laki yang membuat kita mau tidak mau harus kompromi dengan keyakinan dan agama kita. Kalau memang dari awal dia sudah menunjukkan gelagat yang buat kita ragu lanjut atau tidak, #UdahPutusinAja.

Tips:

Karena, dari Umar bin Khattab, Rasulullah SAW bersabda, ”Ketika seorang laki-laki berkhalwat (menyendiri) dengan seorang wanita maka syetan menjadi yang ketiganya.” (Tirmidzi)

Libatkan wali atau pihak ketiga kalau memang perlu ketemu, bahkan di japri WA sekalipun, usahakan jangan bahas yang rahasia-rahasia.

right is right

sesuatu yang salah tidak lantas menjadi benar ketika dilakukan oleh mayoritas

Kesalahan 6: Kenapa aku nggak boleh? Yang lain banyak juga yang kayak gitu.

Okee, alasan ini mengingatkanku ke masa kanak-kanak ketika aku masih sering ikut-ikutan, teman-teman beli gambar, aku juga beli, mereka nyari kecebong di selokan pun aku ikut *masa lalu*.

Dulu ibuku selalu menasihati,”Memangnya kalau orang lain nyebur sumur, kamu juga ikut nyebur?”

Klise, pasti, dan kena banget. Hanya karena orang lain pacaran, kita juga ikutan, hanya karena banyak yang melakukan, nggak berarti itu jadi sesuatu yang “boleh” buat kita. Kalau kita ikut-ikutan mereka, kita dapat dosa sekaligus nambahin dosa mereka karena sudah ngasih contoh nggak bener.

Kalau kita sudah memutuskan mengikuti si A, hati-hati saja di masa depan kita bakal nggak punya pilihan lain selain mengikuti orang tersebut. Punya prinsip sendiri itu penting, mendasarkan prinsip kita pada aturan agama itu jauh lebih penting.

Tips: Dekat-dekat saja sama orang yang baik, yang nggak suka foya-foya, yang serius memperbaiki diri, yang terus mendekat kepada Allah, supaya kita nggak pernah merasa sendirian. Yap, seperti di hadits yang sudah terkenal sampe hafal di luar kepala, esensinya jika kita berteman dengan penjual parfum, kita kena bau wanginya. Tapi jika berteman dengan pandai besi, kita kecipratan apinya, at least kena gosongnya. Teman itu penting 🙂

Seorang teman yang baik adalah yang ingin kita bahagia, tapi bukan dengan mengiyakan semuuaaaa hal yang kita inginkan. Teman yang baik itu yang akan mengingatkan ketika kita salah, nggak peduli kita mau terima nasihatnya atau tidak, karena dia sayang sama kita dan nggak mau kita terjerumus ke dalam dosa. Hati-hati memilih teman. Kalau salah pilih, bedanya hanya dua, surga atau neraka. Bijaklah memilih, insya Allah akan sukses.

marry

Kesalahan 7: Sudah terlanjur telat untuk memulai yang halal.

Untungnya, pemikiran ini salah! Semuanya masih bisa dibubah kan? Nggak ada kata terlambat. Syetan mungkin menang di beberapa pertempuran, tapi bukan berarti dia menang dalam perang. Kita masih bisa menjadikan ini hubungan yang halal, tapi ada syaratnya nih.

  1. Niat karena Allah semata. Ini yang terpenting. Ingin berubah, tulus karena Allah. Tulis besar-besar apa tujuan kita, dan tabah setabah-tabahnya, karena syetan itu lebih gigih kalau menggoda manusia, dari depan, belakang, kiri, dan kanan.

Caranya? Taubat, mohon ampun, penyesalan, tidak akan mengulangi hubungan seperti itu lagi, dan menjauhkan diri dari dosa. Kabar baiknya adalah Tuhan kita punya nama Ar Rahman (Yang Maha Pengasih), Al Ghaffar (Yang Maha Pengampun), Al ‘Afuw (Yang Maha Memaafkan), Al Halim (Yang Maha Baik).

  1. Buat para muslimah, kalau ada yang mendekatimu, langsung saja sodorin nomor bapak atau wali, kalau reaksi pertamanya menolak, sudah itu lampu merah. STOP dan jangan lanjutkan. Jangan buang-buang waktu dan perasaanmu.

Kalau dia diam, kasih waktu sebentar buat mikir, sama seperti kita kalau disuruh telepon ibunya/bapaknya, pasti kita juga diam sebentar buat mikir.

Kalau dia merespon dengan baik, Lanjutkan!

Dengan menjaga diri dari hubungan yang nggak halal, artinya kita menegakkan sunnah, dan memulai tren yang disebut modesty. Ecieeeh….

Keren nggak sih, kita berhasil menjaga diri, menjadikan kita wanita muslimah yang mulia, di tengah dunia yang kian kejam dan vulgar, di tengah masyarakat yang semakin mengumbar aurat dan menyepelekan arti kehormatan.

…….karena wanita pantas dicintai, dihargai, dan dihormati di jalan yang Allah ridhoi, karena tanpa Allah kita sudah jelas tidak bisa bertahan. Dia satu-satunya cinta sejati.

Posted in Hearts, Purpose of Life | Tagged , | 2 Comments

Cara Menyimpan Foto dari Instagram dan Facebook ke Android

Pernah menjumpai foto atau gambar yang bagus dan menginspirasi di Instagram tapi bingung bagaimana cara menyimpannya? Akhirnya setelah mencoba berbagai aplikasi baik photo saver atau photo downloader, akhirnya ketemu juga cara paling cepat dan efektif untuk menyimpan foto dari Instagram langsung ke android. Beberapa aplikasi menawarkan fitur ini, sayangnya harus switch app dari Instagram ke downloader tadi. Tapi ada satu aplikasi yang menawarkan cara menyimpan foto dari Instagram tanpa meninggalkan aplikasi Instagram loh. Check it out..

EASYDOWNLOADER

Tampilan EasyDownloader, masuk ke Instagram dengan tap icon Instagram

Screenshot_2015-03-17-15-49-14

Cara download gambar

Syarat: harus instal app instagram di android dan login

Step:
1. Instal aplikasi EasyDownloader dari Google Play Store
2. Buka aplikasi EasyDownloader
3. Masuk ke akun Instagram dengan tap icon Instagram yang ada di atas
4. Pilih “Copy Share URL” pada gambar yang ingin di download
5. Done. Gambar sudah tersimpan. Tentunya koneksi internet harus nyambung.
6. Untuk keluar dari EasyDownloader, tap icon shutdown pada pojok app.

Pernah berpikir kenapa Facebook terlalu banyak makan storage android? Belum lagi instal messenger untuk chat. Sebagai pengguna android, saya kadang merasa sedih, ehh rugi. Berhubung Facebook adalah jejaring utama dan banyak teman disana, terpaksa tidak bisa diuninstall. Akhirnya setelah utak-atik mulai dari instal apk Facebook terlawas sampai terbaru (hmmm terkesan kurang kerjaan banget :D), masih saja ada yang kurang. Untuk FB bawaan android (disini masih versi 3.1) size nya sangat ringan, tapi tidak bisa menyimpan foto. Padahal itu yang dibutuhkan. Untuk FB update-an terbaru, size nya berat dan jika diinstal bisa habis 80 MB lebih. BIG NO!

Daaan terinspirasi dari Instagram, akhirnya dicarilah aplikasi photo downloader buat Facebook dengan satu keyakinan, di antara bermilyar-milyar orang di dunia ini pasti ada yang mengalami masalah yang sama dan pasti ada solusinya hehehehe.

Siip ketemulah beberapa aplikasi dan sayangnya kebanyakan bisa download dengan switch app dulu ke aplikasi tersebut, lalu kembali lagi ke app Facebook. Hanya ada satu yang bisa melakukan simpan foto tanpa harus switch app, tanpa harus install FB update-an terbaru, tanpa harus kehilangan banyak storage.

PHOTO DOWNLOADER FOR FACEBOOK

Syarat: punya akun Facebook dan instal Facebook versi apapun di android (kalau bisa versi bawaan hp saja agar tidak bingung dan tidak memakan storage lagi)

Screenshot_2015-03-17-16-02-36

Step:
1. Instal Photo Downloader for Facebook dari Google Play Store
2. Buka app Facebook
3. Pada gambar yang ingin disimpan, pilih share lalu pilih 1 Click Save.
4. Boom! image saved with one click

Gampang, bukan?

Enjoy it 🙂

Posted in Gadget, Hobby, Messenger, Social Media | Tagged , | Leave a comment

Apa itu Telegram?

Review aplikasi baru hasil instalan terbaru hehe 🙂

10693751_955188741165703_1355260517_n

Nama: Telegram

Size: 10,20 MB dari Play Store (update 13 Maret 2015)

Fungsi: Aplikasi Perpesanan (Messenger)

Pertama denger aplikasi ini langsung terbayang masa SD waktu Bu Guru menerangkan ttg telegram, cara kirim pesan dengan semacam alat yang sangat kuno tapi canggih pada masanya. Eh sekarang tak tahunya dibuat aplikasi messenger, kreatif ya, krn sekaligus membenahi konsep ‘kuno’ yg melekat pada nama Telegram.

App yang disebut-sebut bisa menyaingi WhatsApp (WA) ini memang punya banyak keunggulan. Sebetulnya, konsepnya sama dengan WA, tidak ada pin, dan secara otomatis menambahkan kontak yang sama-sama memakai Telegram. Emoticon yg dipakai pun sama dengan WA. Dari segi chat, sama saja sih.

Tapi yang menarik yaitu app ini dapat mengirim file .pdf, .doc, .gif, dsb melalui chat. Jika ingin membuat grup, maksimal anggota adalah 200 orang. As far as I know, WA maksimal anggota grup tidak smpai 100 orang. Jadi sebenarnya untuk grup atau sharing-sharing lebih enak menggunakan aplikasi messenger ini. Apalagi Telegram sendiri sudah mengaku bisa mengirim pesan meskipun dengan jaringan terlemah sekalipun.

Telegram juga punya fitur Secret Chat (belum dicoba), yang bisa self-destruct atau otomatis terhapus setelah beberapa waktu, ditujukan untuk chat yang benar-benar penting atau privasi. Ada juga passcode untuk privacy dengan mengunci Telegram menggunakan password. Tingkat keamanan memang pantas diacungi jempol.

Khawatir file hilang atau terhapus? Telegram punya Cloud Storage yang secara gratis menyimpan seluruh data baik foto, video, ataupun dokumen sehingga tidak perlu lagi bingung jika SD card terformat. Dengan adanya Cloud Storage, Telegram juga dapat diakses dari device lainnya, jadi tidak harus terpaku pada satu handphone saja.

Kekurangannya, andaikan saja ada fitur call atau video call, lengkap sudah.

Bagaimana? Tertarik mencoba? Siapa tahu Telegram bakal booming beberapa tahun lagi 😀

Posted in Gadget, Hobby, Messenger, Social Media | Tagged , , | Leave a comment